Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Indonesia sangat kaya dengan tumbuh-tumbuhan, termasuk tanaman herbal yang banyak manfaatnya untuk kesehatan. salah satunya yaitu tanaman daun sirih, pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan tanaman ini. Tanaman merambat dengan daun berbentuk hati ini sangat mudah ditemui di sekitar kita.

Daun sirih mempunyai banyak zat aktif yang baik untuk tubuh, sehingga banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan. Apa saja kandungan dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh Anda? Berikut ini ulasannya untuk Anda, silahkan dibaca sampai akhir

Manfaat Daun Sirih

Kandungan Daun Sirih

Tanaman herbal dengan nama latin Piper betle ini memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan. Berikut kandungan yang terdapat dalam 100gr daun sirih:

  • Protein 3 gr
  • Mineral 2 gr
  • Karbohidrat 6 gr
  • Lemak 1 gr
  • Serat pangan 2 gr
  • Potasium 550 mg
  • Kalsium 230 mg
  • Fosfor 40 mg
  • Zat besi 11 mg
  • Sodium 7 mg
  • Vitamin B1 0.15 mg
  • Vitamin B3 0.7 mg
  • Vitamin B12 0.25 mg
  • Vitamin C 3 mg

Apa Saja Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan?

1. Menghilangkan bau mulut

Rutin berkumur menggunakan air hasil rebusan daun sirih berguna untuk menghilangkan bau mulut, terutama jika Anda selesai mengkonsumsi makanan yang dapat menimbulkan bau mulut.

Cara membuatnya juga cukup mudah, rebus 4-5 lembar daun sirih sampai mendidih lalu dinginkan. Tunggu sampai air dingin dan siap untuk digunakan berkumur-kumur setelah menggosok gigi atau setelah makan.

2. Menyembuhkan batuk

Khasiat daun sirih lainnya adalah untuk membantu menyembuhkan batuk. Cara menggunakan daun sirih sebagai obat batuk juga cukup mudah, rebus kurang lebih 5 lembar daun sirih dengan satu gelas air. Konsumsi air rebusan ini 2-3 kali sehari supaya batuk cepat sembuh.

3. Mengobati sariawan dan pendarahan gusi

Kandungan antibiotik dan antiseptik yang terkandung dalam daun sirih dapat membantu mengobati sariawan dan menghentikan pendarahan gusi. Caranya cukup mengunyah daun sirih atau bisa juga dengan cara berkumur dengan air rebusan daun sirih.

4. Mengobati radang tenggorokan

Radang tenggorokan ini sangat mengganggu karena tenggorokan akan terasa sakit saat digunakan menelan. Daun sirih ini bisa menjadi solusinya, rebus 5 lembar daun sirih dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal 1 gelas. Minum air rebusan daun sirih 2 kali sehari sampai

5. Menyembuhkan asma

Bagi yang sedang menderita asma, daun sirih juga bisa digunakan untuk membantu menyembuhkan keluhan asma tersebut.

Untuk memperoleh khasiatnya, Anda cukup mengambil 4-5 lembar daun sirih dan merebus dengan 2 gelas air. Rebus hingga air menjadi satu gelas, minum air rebusan daun sirih ini 2 sampai 3 gelas dalam sehari.

6. Menyembuhkan luka bakar

Jika Anda mengalami luka bakar, daun sirih bisa menjadi solusi untuk mempercepat penyembuhan luka tersebut, ini dikarenakan kandungan antiseptik yang terkandung didalamnya mampu melawan kuman, sehingga luka bisa sembuh lebih cepat. Caranya mudah, Anda bisa langsung menghaluskan daun sirih dan menempelkan langsung pada luka atau dengan air rebusannya.

7. Mengobati iritasi mata

Mata yang sering terpapar debu dan polusi udara bisa mengakibatkan iritasi pada mata. Hal ini akan sangat mengganggu karena mata akan terasa gatal, dan akan bertambah parah jika sering menguceknya.

Untuk itu, Anda bisa gunakan air rebusan daun sirih untuk mengatasinya. Caranya air rebusan daun sirih ditetes langsung ke mata atau merendam sebentar mata di baskom yang berisi air rebusan tadi.

8. Membantu melancarkan haid

Minum air rebusan daun sirih pada waktu haid bisa membantu mengatasi nyeri menstruasi dan juga dapat melancarkan haid. Anda juga boleh menambahkan kunyit, gambir, dan mahkota dewa saat perebusan. Namun jika Anda tidak ingin repot dan takut salah dalam meraciknya, Anda bisa menggunakan ramuan herbal Ladyfem yang direkomendasikan langsung oleh Boyke Dian Nugraha.

Selain itu rebusan air daun sirih juga bisa digunakan untuk mengatasi keputihan pada wanita. caranya dengan membasuh organ intim dengan air daun sirih. antiseptik dalam daun sirih ini dapat membunuh bakteri penyebab keputihan, tetapi perlu diingat bahwa antiseptik dalam daun sirih jika digunakan terlalu sering dapat membunuh bakteri baik dalam vagina. Jadi jangan digunakan terlalu sering, karena sebenarnya vagina sudah memiliki sistem pembersih alami.