Tanda dan Gejala Kolesterol Dalam Tubuh Tinggi

gejala-dan-tanda-kolesterol-tinggi

Kolesterol merupakan emak yang ada dalam tubuh dan diproduksi oleh hati. Terdapat dua jenis kolesterol, yaitu LDL (Low Density Lipoprotein) dan HDL (High Density Lipoprotein). LDL merupakan jenis kolesterol yang berbahaya untuk kesehatan karena dapat mengakibatkan plak yang menyumbat peredaran darah, sedangkan HDL merupakan jenis kolesterol yang baik untuk tubuh.

Didalam tubuh manusia kolesterol terdapat pada bagian tubuh seperti otot, kulit, saraf, dan jantung. Penyakit kolesterol tinggi biasa disebut dengan Silent Killer karena gejalanya yang jarang diketahui namun akibatnya fatal. Akan tetapi ada beberapa kasus yang menunjukkan gejala pada tubuh.

Gejala Kolesterol

Gejala penyakit kolesterol sulit sekali untuk dikenali, ini disebabkan karena gejala kolesterol mirip dengan gejala penyakit lainnya dan kebanyakan justru diabaikan. Apabila hal tersebut dibiarkan berlarut-larut akan menyebabkan penyempitan pembuluh darah karena adanya penumpukan lemak atau plak di dalam pembuluh darah.

Akibat dari penyempitan pembuluh darah tadi tubuh akan merespon dengan memunculkan beberapa gejala seperti sering kesemutan atau nyeri didalam dada yang diakibatkan pasokan oksigen tubuh yang memalui darah berkurang.

Tanda Kolesterol Dalam Tubuh Meningkat

Dengan mengetahui tanda-tanda kolesterol lebih awal, Anda dapat melakukan pencegahan sedini mungkin sehingga bisa menghindari kemungkinan lebih buruk yang mungkin terjadi. Berikut ini beberapa tanda-tanda yang biasa terjadi jika kolesterol dalam tubuh tinggi.

1. Kesemutan

Seseorang yang memiliki kadar kolesterol tinggi akan sering kesemutan, entah itu pada kaki ataupun tangan. Rasa kesemutan bisa terjadi karena aliran darah yang menuju organ tubuh berkurang. Kesemutan biasa terjadi ketika Anda duduk dalam waktu yang lama, apabila Anda sering mengalami hal ini segera lakukan cek up kadar kolesterol dokter.

2. Tengkuk Terasa Berat

Tanda lain jika seseorang mengalami kolesterol tinggi adalah rasa berat pada tengkuk dan pundak. Rasa berat pada tengkuk dan pundak dapat mengakibatkan kurang enak badan atau merasa tidak nyaman yang menjalar ke seluruh tubuh.

3. Cepat Merasa Pegal-Pegal

Rasa pegal walaupun melakukan pekerjaan yang ringan merupakan salah satu tanda kolesterol yang tinggi. jika Anda sering merasa cepat pegal-pegal segera periksakan kadar kolesterol Anda. Kebanyakan orang akan menganggap ini adalah hal sepele atau dirasa rasa pegal biasa, menunda akan membuat segalanya menjadi lebih buruk.

4. Gampang Mengantuk

Orang mengantuk memang sangat wajar, namun jika baru bangun tidur sudah ngantuk lagi ini sudah tidak wajar. Seseorang yang mempunyai kadar trigliserida diatas 600 mg akan menyebabkan penyempitan lemak jahat pada pembuluh darah yang mengalirkan darah ke otak. Apabila otak kekurangan darah otomatis oksigen di otak juga akan berkurang sehingga membuat rasa ngantuk dan gampang lelah.

5. Sering Pusing

Tanda selanjutnya adalah sering merasa pusing di kepala bagian belakang. Penyebabnya adalah penyempitan pada pembuluh darah yang mengalirkan darah dan oksigen ke kepala. Pada kasus ini jika tidak segera diatasi dengan cepat dapat terjadi pecahnya pembuluh darah yang dapat menyebabkan stroke.

6. Nyeri Pada Dada Sebelah Kiri

Pada dada sebelah kiri terhubung langsung dengan jantung yang berfungsi memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Apabila ada penyempitan di sekitar jantung yang akan terjadi adalah rasa nyeri seperti ditusuk-tusuk pada bagian dada. Gejala ini juga bisa menyebabkan gangguan pada jantung, segera periksakan apabila mengalami hal tersebut supaya segera mendapat penanganan yang tepat.

Dari berbagai tanda-tanda dan gejala yang ditimbulkan dari meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh, diharapkan Anda lebih waspada dan lebih cepat tanggap apabila mengalami hal-hal diatas. Segera lakukan pemeriksaan ke dokter supaya lebih cepat mendapat penanganan yang tepat.

Melakukan pencegahan akan lebih baik daripada harus mengobati. Pencegahan pada penyakit kolesterol dapat dilakukan dengan cara berolahraga secara teratur dan melakukan pola hidup sehat. Semoga bermanfaat