Tanda Dan Gejala Awal Kanker Payudara

tanda-dan-gejala-awal-kanker-payudara

Kanker payudara adalah sebuah penyakit tumor ganas yang tumbuh di dalam jaringan payudara. Kanker payudara ini sering terjadi pada wanita namun tidak menutup kemungkinan juga terjadi pada pria.

Frekuensi kasus penyakit kanker payudara ini relatif tinggi di negara-negara maju dan terbanyak diderita dari jenis kanker lain. Didalam artikel ini kami akan menjelaskan kepada Anda tanda dan gejala awal kanker payudara sehingga bisa mencegah dan mengatasi lebih cepat.

Tanda-Tanda Dan Gejala Kanker Payudara

Berikut ini adalah tanda dan gelaja awal terjadinya kanker payudara yang perlu Anda ketahui. Beberapa gejala yang harus diperhatikan dan diwaspadai adalah sebagai berikut :

  • Adanya benjolan pada payudara yang dapat diraba
  • Ada luka di sekitar puting susu yang sulit susah sembuh
  • Ada perubahan pada bentuk dan ukuran payudara
  • Keluar cairan dari puting susu yang biasanya berupa nanah atau darah
  • Perubahan pada puting susu seperti gatal, panas, dan puting tenggelam (retraksi)
  • Kulit payudara muncul kerutan-kerutan seperti kulit jeruk
  • Pada penderita tingkat lanjut bisa nyeri pada tulang, pembengkakan lengan, penurunan berat badan.

Segera lakukan pemeriksaan pada payudara Anda apabila muncul gejala-gejala yang sudah disebutkan diatas agar bisa segera ditangani dengan baik. Lakukan diagnosis dini terhadap kanker payudara karena akan lebih mudah diobati dan bisa disembuhkan jika masih stadium awal.

Pencegahan Kanker Payudara

Pada saat ini faktor yang berperan penting dalam proses munculnya tumor adalah hormon esterogen. Esterogen merupakan hormon kelamin sekunder yang berfungsi membentuk dan mematangkan organ kelamin wanita, termasuk payudara.

Esterogen akan memicu pertumbuhan dan pematangan sel organ kelamin wanita yang disebut sel duct. Sel ini kemudian akan membelah secara normal. Pada saat pematangan sel duct ini merupakan saat yang paling rentan bagi sel tersebut terkena mutasi.

Apabila ada satu sel mengalami mutasi akibat faktor keturunan, radiasi, radikal bebas, maka sel tersebut dapat membelah secara berlebihan dan akan berkembang menjadi kanker.

Kesimpulannya adalah esterogen merupakan salah satu faktor yang bertanggung jawab terhadap resiko terjadinya kanker payudara. Untuk itu pencegahan kanker payudara lebih penting dilakukan. Berikut tindakan yang dapat dilakukan untuk mencegah munculnya kanker payudara :

  • Melakukan deteksi dini (SADARI : Pemeriksaan Payudara Sendiri) setiap bulan setelah masa menstruasi dan pemeriksaan klinis (mammografi dan biopsi)
  • Hindari makan makanan yang banyak mengandung lemak
  • Penggunaan obat atau alat kontrasepsi yang mengandung hormon harus atas petunjuk dokter
  • Banyak mengkonsumsi buah dan sayur, serta kedelai (tempe, tahu, atau susu kedelai)

Dengan melakukan pemeriksaan secara rutin, kemungkinan besar akan diketahui sejak dini apabila menemukan tanda danĀ gejala kanker payudara yang muncul, sehingga memudahkan dalam proses pengobatan. Namun yang paling penting adalah tetap menjaga pola makan dan gaya hidup yang sehat, dengan demikian akan mengurangi resiko penyakit yang ada.