Program Diet Sehat

program-diet

Diet merupakan keinginan setiap individu yang memiliki kelebihan berat badan. Mendapatkan berat badan ideal merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan karena banyak beberapa penyakit muncul dari seseorang yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas. Salah satunya adalah penyakit jantung yang dapat menyerang anda dikarenakan tumpukan lemak dari kolestrol jahat yang menggangu kesehatan. Diet bukanlah proses yang cepat sehingga anda harus bersabar dalam mendapatkan hasilnya.

Tidak sedikit wanita yang meninggalkan program diet sehat dikarenakan dirasa terlalu lama dan memilih cara instan menggunakan pemakaian obat-obatan dan operasi sedot lemak. Normalnya setiap individu dapat menurunkan berat badan 2 Kg selama satu bulan ketika menjalankan diet, jika dirasa kurang mendekati berat badan ideal sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk menyesuaikan asupan vitamin dan nutrisi tubuh anda.

Berikut ini adalah program diet sehat bisa Anda coba:

Sarapan

Seperti yang sudah Anda ketahui, sarapan adalah makan yang paling penting di setiap hari anda. Sarapan Anda harus terdiri dari karbohidrat lambat terbakar (karbohidrat kompleks) dan protein untuk menjaga tingkat energi Anda agar kuat sepanjang hari yang dapat membantu dalam menjaga nafsu makan. Anda harus memperhatikan asupan di pagi hari untuk bahan bakar metabolisme. Berikut adalah pilihan yang dapat anda ambil ketika sarapan di pagi hari :

  • Putih telur omelet sayuran dengan sepotong roti gandum kering dan setengah pisang
  • Sereal gandum dengan susu non-lemak, telur rebus, dan buah
  • Roti gandum dengan buah-buahan dan yogurt tanpa lemak

Makan siang

Hindari makan siang yang lebih banyak,  justru untuk anda yang sedang diet disarankan untuk makan dalam jumlah yang sedikit akan tetapi dalam waktu yang berdekatan, tentu saja dengan makanan yang sehat yang membantu dalam program diet anda. Anda bisa memilih setengah nasi merah dan semangkuk kecil sup kaldu ayam atau anda dapat memilih sandwich dari roti gandum dan di isi dengan sayuran atau daging rendah lemak. Kurangi penggunaan bahan bahan yang mengandung lemak tinggi seperti mayones dan lain-lain.

Makan malam

Makan malam Anda harus bebas dari karbohidrat, dan terdiri dari protein dan perbanyak sayuran. Kepada malam hari karbohidrat tidak terlalu berperan dikarenakan aktivitas anda adalah beristirahat bukan untuk bekerja seperti di pagi hari. Anda dapat memilih tambahan dessert untuk menutup makan malam anda, puding buah dengan rendah lemak dan gula yang terbatas menjadi pilihan anda.