Pijat Payudara Bisa Menurunkan Resiko Kanker Payudara

pijat-mencegah-Kanker-payudara

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa memakai bra ternyata dapat meningkatkan resiko terkena kanker payudara. Penelitian dilakukan ke 4.700 orang wanita, dan ditemukan bahwa resiko tertinggi wanita terkena kanker payudara yang menggunakan bra selama 24 jam tiap hari. Dan angka terendah adalah wanita yang tidak pernah menggunakan bra.

Mengurangi resiko kanker payudara sebenarnya bisa dilakukan sendiri oleh para wanita, salah satunya dengan cara pijat payudara. Pemijatan meliputi meremas, memijat, dan mengusap, semuanya bisadilakukan dengan tangan sendiri. Pemijatan pada payudara dapat meningkatkan produksi getah bening dan dapat memperlancar aliran darah ke payudara.

Cara Melakukan Pijat Payudara

Cara pemijatan payudara tidak boleh dilakukan dengan sembarangan, anda harus berhati-hati dan melakukannya secara lembut. Cara terbaik yaitu dengan meremas menggunakan kedua tangan yang membentuk ikatan antara telapak tangan dan jari-jemari.

Karena bentuk dan ukuran payudara wanita yang berbeda-beda maka tekanan saat memijat disesuaikan dengan tingkat sensitifitas masing-masing. Untuk payudara yang kencang pijatan dengan tekanan sedang akan lebih efektif dilakukan.

Pemijatan payudara dapat dilakukan dua kali dalam satu minggu. Untuk hasil yang lebih memuaskan bisa menggunakan minyak sayur atau krim herbal oris agar lebih nyaman. Krim herbal oris sangat bagus untuk merawat payudara wanita, mengandung bahan herbal dan ekstrak kulit manggis yang terkandung juga sangat efektif untuk membantu mencegah kanker payudara.

cara-pemijatan-payudara

  1. Usap secara perlahan dengan arah gerakan menuju kemudian menjauhi puting. Jangan menekan terlalu keras, tekanan berlebih akan menekan pembuluh darah limfatik dan dapat menghentikan aliran racun keluar dari payudara.
  2. Gunakan kedua ibu jari dan pijat payudara dengan lembut. Gerakan memijat menyerupai meremas yang disertai gerakan menekan dan mengangkat.
  3. Gunakan kedua tangan dan lakukan gerakan memutar payudara dengan arah sesuai putaran jarum jam, lakukan kembali dengan gerakan putaran melawan arah jarum jam.
  4. Lakukan gerakan menekan dengan menggunakan kedua jari tangan seperti pada gambar diatas, tujuan gerakan tersebut adalah untuk menekan kelenjar pada payudara.

Kanker payudara memang menjadi penyakit yang menakutkan bagi banyak wanita, selain dapat menghilangkan payudara akibat proses operasi juga bisa menyebabkan kematian. Kanker payudara timbul pada wanita yang telah mencapai menopause, tetapi juga tidak sedikit yang menderita penyakit ini di usia muda.

Selain dengan cara pemijatan, menurunkan resiko kanker payudara juga bisa dengan cara memperbaiki gaya hidup dan pola makan. Rajin berolahraga juga dapat membantu mencegah kanker payudara karena tubuh akan memiliki banyak zat antioksidan yang dapat mematikan sel kanker.