Penyebab Wanita Terlambat Datang Bulan

Terlambat datang bulan dipengaruhi beberapa penyebab, namun yang sering dipikirkan wanita ketika mengalami hal tersebut adalah mengira bahwa dirinya sedang hamil. Hamil adalah salah satu dari sekian banyak faktor penyebab terlambat haid. Ada banyak faktor lain penyebab wanita terlambat datang bulan.

terlambat-datang-bulan

Datang bulan atau menstruasi merupakan sebuah siklus bulanan yang dialami kaum wanita, dimana pada dinding rahim yangberisi banyak darah meluruh dan keluar dari vagina karena tidak adanya pembuahan. Setiap wanita mempunyai periode menstruasi yang berbeda, ada yang pendek dan ada yang lama. Jika ada pembuahan pada periode tersebut maka wanita akan berhenti menstruasi.

Faktor Penyebab Terlambat Datang Bulan

Siklus menstruasi adalah hal dasar didalam sistem kesehatan reproduksi wanita. Setiap bulan tubuh wanita akan melalui siklus yang sama dan apabila dalam proses ovulasi tersebut ada sperma yang masuk dan membuahi sel telur maka wanita tersebut akan hamil. Pada masa kehamilan yang berjalan selama 9 bulan lebih wanita tidak akan mengalami menstruasi, sampai setelah proses persalinan.

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi siklus menstruasi seorang wanita sehingga menyebabkan tamu bulanan tersebut telat datang.

1. Stres

Stres akibat banyak pikiran atau tuntutan pekerjaan dikantor dapat mempengaruhi siklus haid. Ketika dalam keadaan strs tubuh akan mengurangi produksi hormon GnRH yang dapat menyebabkan tubuh wanita tidak berovulasi. Namun ketika pikiran sudah fres haid akan kembali normal, atau jika masih tetap terlambat harus dibantu dengan obat dokter atau ramuan herbal.

2. Mengkonsumsi Obat

Mengkonsumsi obat-obatan seperti anti depresan atau obat-obatan antipsikotik dapat mempengaruhi siklus datang bulan. Obat yang diminum saat menjalani kemoterapi juga dapat menyebabkan terlambat haid.

3. Tubuh Terlalu Kurus

Tubuh wanita yang terlalu kurus juga akan mengakibatkan sering terlambat menstruasi. Tubuh yang kurus akan kesulitan menghasilkan hormon esterogen yang dibutuhkan untuk mendukung ovulasi. Untuk itu harus diusahakan memiliki badan yang proposional.

4. Kegemukan

Tubuh wanita yang terlalu gemuk akan menyebabkan hormon mengubah siklus menstruasinya. Menjaga berat badan yang ideal sangat disarankan supaya siklus haid kembali normal

5. Kontrasepsi

Beberapa kasus terjadi pada wanita yang menggunakan alat kontrasepsi akan mengalami gangguan siklus haid, sering terlambat datang bulan. Oleh sebab itu sangat penting berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan anda.

6. Menyusui

Banyak dari kaum wanita yang tidak mendapat menstruasi sementara mereka sedang laktasi dan menyusui. Beberapa wanita mungkin akan mengalami siklus haid yang tidak teratur, dan siklus menstruasi ini akan kembali normal setelah berhenti menyusui.

7. Pra Menopause

Wanita yang sudah berada pada kondisi ini akan mengalami haid yang tidak teratur, dimana wanita tersebut mengalami transisi antara usia produktif ke usis non produktif. Pada saat inilan mentruasi menjadi tidak teratur. Dan apabila sudah menopause menstruasi tidak akan terjadi lagi karena tubuh tidak akan lagi mengalami siklus ovulasi.

Setelah mengetahui kondisi anda dan tahu penyebab anda terlambat datang bulan, diharapkan anda bisa melakukan usaha-usaha supaya siklus menstruasi kembali normal

***

banner-Lady-Fem