Penyebab Susah Buang Air Besar

penyebab-susah-buang-air-besar

Buang air besar untuk seseorang yang normal adalah dilakukan rutin setiap hari, namun pernahkan Anda mengalami susah BAB ?

Sebenarnya hampir semua orang pernah mengalami susah buang air besar, untuk yang tergolong normal BAB paling lama Cuma 2 hari. Jika sembelit atau susah buang air besar hingga 3 hari atau lebih sebaiknya anda mencari pertolongan dokter atau minum obat pencahar untuk mengtasinya.

Jika Anda mengalami susah BAB jangan sampai dibiarkan berlarut-larut karena bisa saja Anda mengalami wasir yang disebabkan oleh feses yang terlalu keras, sehingga dapat mengakibatkan luka pada dubur. Selain itu, seseorang yang mengalami susah buang air besar akan mengeluhkan sakit perut dan perut kembung. Ada juga yang merasakan perut menjadi keras dan sakit bila ditekan saat mengalami sembelit.

Penyebab Susah Buang Air Besar

Ada beberapa penyebab seseorang mengalami susah buang air besar, berikut ini penjelasan detilnya :

Kekurangan Serat dan Air

Serat yang terkandung dalam buah dan sayur bermanfaat untuk memperlancar buang air besar, buah yang bisa Anda konsumsi untuk melancarkan BAB adalah pepaya, apel, pisang, buah naga, dll. Serat berfungsi untuk merangsang kontraksi pada usus besar, sehingga jika perut sudah penuh usus akan berkontraksi, yaitu anda akan merasakan mulas. Jadi jika terlalu sering makan daging tapi tidak mengkonsumsi cukup buah dan sayur, maka Anda akan beresiko mengalami sembelit atau susah buang air besar

Selain itu minum air putih yang cukup juga dapat membantu mengatasi sembelit. Selain untuk melancarkan buang air besar, air putih juga akan meringankan kerja ginjal, dan juga dapat membantu proses detoxsifikasi pada tubuh Anda.

Salah Memilih Makanan

Makanan yang Anda makan setiap hari berpengaruh terhadap sistem metabolisme tubuh, dalam hal ini yang kita bahas adalah susah BAB. Berikut ini beberapa makanan yang jika dikonsumsi secara berlebih akan menyebabkan Anda mengalami susah buang air besar. Yaitu makanan cepat saji, goreng gorengan, atau daging merah. elain itu minuman yang mengandung kafein juga dapat memicu susah BAB.

Solusinya adalah mengurangi makanan dan minuman tersebut, jangan sampai mengkonsumsi secara berlebihan. Bisa juga diimbangi mengkonsumsi buah dan sayur yang kana serat dan vitamin.

Sering Menahan Mulas

Kebanyakan orang, apalagi diperkotaan yang orang-orangnya sibuk, akan menahan untuk buang air besar jika perut sudah merasa mulas. Terlalu sering menahan buang air besar akan meredupkan elastisitas otot usus besar yang merangsang mulas tersebut, sehingga beresiko mengalami sembelit lebih besar.

Stres atau Terlalu Banyak Pikiran

Stres dapat menyebabkan susah buang air besar dikarenakan stres dapat mempengaruhi kinerja sistem darah, sehingga syaraf-syaraf pencernaan juga ikut terganggu. Halini menyebabkan gerak peristaltik usus tidak bekerja secara normal.