Penyakit Usus Buntu

Penyakit usus buntu merupakan penyakit yang paling sering ditemukan. Usus buntu adalah organ tubuh yang berbentuk tabung kecil dan tipis dengan ukuran 5-10 cm yang terhubung dengan usus besar. Sampai saat ini belum diketahui kenapa kita mempunyai usus buntu, dan apabila usus buntu ini dipotong juga tidak ada efek atau pengaruh terhadap kesehatan kita.

radang-usus-buntu

Penyakit usus buntu jika mengalami pembengkakan dan peradangan dapat menyebabkan komplikasi yang cukup serius, untuk itu segera periksakan ke dokter apabila Anda mengalami sakit perut yang semakin lama semakin parah.

Gejala Usus Buntu

Gejala awal munculnya penyakit usus buntu ini adalah sakit perut yang muncul dan kadang hilang dengan sendirinya. Beberapa jam kemudian sakit akan muncul kembali di perut bawah bagian kanan (tempat usus buntu berada) dan akan bertambah parah.

Rasa sakit akan bertambah saat Anda batuk, berjalan, atau saat mendapat tekanan pada bagian perut tersebut. Beberapa gejala lainnya yang sering dialami penderita usus buntu adalah :

  • Nafsu makan menurun
  • Mengalami pembengkakan pada perut
  • Tidak dapat buang angin (kentut)
  • Merasa mual dan muntah
  • Demam
  • Merasa sakit saat buang air kecil
  • Kram perut
  • Sembelit atau Diare

Penyakit usus buntu ini sering dianggap penyakit lain seperti sembelit atau konstipasi biasa, keracunan makanan, atau infeksi saluran kemih. Pada wanita juga kadang mengira gejala diatas berhubungan dengan kandungan, seperti kehamilan ektopik atau nyeri saat menstruasi.

Segera konsultasi ke dokter apabila Anda mengalami sakit perut yang semakin lama semakin parah. Jika sakit perut Anda bertambah parah dan menyebar keseluruh bagian perut segera panggil ambulan, keadaan ini mengindikasikan kemungkinan pecahnya usus buntu yang bisa menimbulkan infeksi serius pada lapisan perut bagian dalam.

Penyebab Penyakit Usus Buntu

Penyebab penyakit usus buntu sampai saat ini belum bisa dipastikan penyebabnya, namun diperkirakan akibat tersumbatnya jalan masuk menuju usus besar oleh kotoran (feses) dan kelenjar getah bening yang membengkak dalam dinding usus. Pembengkakan biasanya berkembang setelah terjadinya infeksi saluran pernapasan atas..

Penyumbatan tersebut akan mengakibatkan inflamasi dan pembengkakan. Tekanan akibat penyumbatan tersebut akan memicu pecahnya usus buntu.

Pengobatan Usus Buntu

Cara pengobatan penyakit usus buntu yang utama adalah dengan cara operasi pengangkatan usus buntu atau biasa disebut apendektomi. Melakukan operasi jauh lebih aman karena peradangan usus buntu dapat bertambah parah dan bisa pecah sewaktu-waktu. Usus buntu tidak memiliki fungsi penting dalam tubuh, sehingga pengangkatan usus buntu tidak menyebabkan masalah kesehatan.

Namun jika Anda tidak ingin menjalani operasi bisa memilih pengobatan dengan cara herbal. Untuk membantu mengatasi peradangan pada usus buntu cahayaherbalindo.com mempunyai produk yaitu Hirvero. Obat tetes herbal hirvero ini terbuat dari bahan bahan herbal, diantaranya Ginseng, Ling Zhi Mushroom (Jamur LingZhi), Houttuynia Cordata atau amis-amisan, dan Safflower yang sangat efektif dalam mengatasi peradangan pada usus buntu.

Info selengkapnya tentang hirvero silahkan klik : Hirvero Jamu Tetes Herbal