Pengertian Penyakit Hipertensi

pengertian-penyakit-hipertensi

Pengertian hipertensi atau darah tinggi adalah gangguan kesehatan yang terjadi pada sistem peredaran darah yang dapat menyebabkan kenaikan tekanan darah. Darah tinggi kini ditengarai sebagai penyebab utama penyakit stroke, serangan jantung, gagal jantung, penyekit arteri perifer, dan penyebab penyakit ginjal kronik.

Tekanan darah melibatkan dua pengukuran, sistolik dan diastolik, tergantung apakah otot jantung berkontraksi (sistole) atau berelaksasi di antara denyut (diastole). Tekanan darah normal pada saat istirahat adalah dalam kisaran sistolik (bacaan atas) 100–140 mmHg dan diastolik (bacaan bawah) 60–90 mmHg. Tekanan darah tinggi terjadi bila terus-menerus berada pada 140/90 mmHg atau lebih.

Berikut tabel penggolongan tekanan darah pada orang dewasa :

Kategori

Tekanan Darah Sistolik

Tekanan Darah Diastolik

Normal < 120 mmHg (dan) < 80 mmHg
Pre Hipertensi 120-139 mmHg (atau) 80-89 mmHg
Stadium 1 140-159 mmHg (atau) 90-99 mmHg
Stadium 2 >= 160 mmHg (atau) >= 100 mmHg

 

Penyebab Terjadinya Hipertensi

Apabila dilihat dari penyebabnya, hipertensi dibagi menjadi dua macam yaitu Hipertensi Primer dan Hipertensi Sekunder.

Hipertensi Primer adalah hipertensi yang tidak diketahui penyebabnya,hipertensi jenis ini cenderung berkembang secara bertahap selama bertahun-tahun. 90% kasus hipertensi yang ada merupakan tergolong hipertensi primer.

Hipertensi Sekunder adalah hipertensi yang disebabkan adanya penyakit lain. Hipertensi sekunder cenderung muncul tiba-tiba dan menyebabkan tekanan darah lebih tinggi dari hipertensi primer.

Obesitas atau kegemukan, jarang berolahraga, stres, dan mengkonsumsi alkohol atau garam bisa memicu munculnya hipertensi pada orang yang mempunyai kepekaan yang diturunkan. Stres dapat menyebabkan tekanan darah untuk sementara, jika strs sudah berlalu tekanan darah biasanya akan normal kembali.

Beberapa penyebab lain terjadinya hipertensi sekunder adalah obat-obatan, diantaranya: pil KB, Kortikosteroid, Siklosporin,Eritropoietin, Kokain, Alkohol, Kayu manis (dalam jumlah besar).

Gejala Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi)

Kebanyakan orang yang mengalami tekanan darah tinggi tidak merasakan tanda atau mengalami gejala apapun, walaupun tekanan darahnya mencapai level tinggi. Meskipun secara umum orang yang mengallami hipertensi terlihat sehat dan sebagian tidak menimbulkan gejala, tetapi ada juga gejala awal yang mungkin timbul, diantaranya : Sakit kepala, Perdarahan dari hidung (mimisan), Pusing, Kelelahan, Mual, Muntah, Sesak napas, Gelisah, Pandangan menjadi kabur, dan kerusakan pada otak, mata, jantung, dan ginjal.