Pengertian Kanker Usus Besar

kanker-usus-besar

Kanker usus besar adalah jenis kanker yang menyerang usus besar atau kolon. Kanker ini kebanyakan diderita oleh seseorang usia diatas 60 tahun, namun pencegahan sejak dini juga sangat dianjurkan supaya dapat menekan resiko terjadinya kanker usus besar.

Munculnya kanker usus besar dipicu oleh makan makanan yang kurang sehat dan jarang berolahraga. Sebagian besar kasus kanker usus besar diawali dengan pembentukan gumpalan-gumpalan sel berukuran kecil atau disebut polip adenoma. Gumpalan ini kemudian akan menyebar secara tidak terkendali.

Gejala Kanker Usus Besar

Berikut ini adalah gelaja yang dapat dirasakan penderita kanker usus besar, antara lain :

  1. Adanya darah pada feses atau pendarahan di anus
  2. Meningkatnya frekuensi buang air besar atau diare
  3. Berat badan menurun
  4. Tubuh terasa lelah
  5. Nyeri atau kram pada bagian perut
  6. Perut terasa kembung
  7. Sembelit / Konstipasi
  8. Nafsu makan hilang atau berkurang

Segera pergi ke dokter apabila Anda merasakan gejala-gejala kanker usus besar. Harap diwaspadai jika usia Anda telah mencapai 50 tahun keatas dan merasakan gejala-gejala tersebut.

Penyebab Timbulnya kanker Usus Besar

Pertumbuhan sel di area tubuh yang tidak terkendali dan bersifat merusak adalah penyebab kanker. Pada kasus penyakit kanker usus besar, pertumbuhan tersebut bermula di dalam gumpalan sel pada lapisan usus bagian dalam, kemudian menyebar dan menghancurkan sel-sel lain yang berada didekatnya.

kanker-usus-besar-2

Sel-sel yang diproduksi lapisan usus sebenarnya tidak berbahaya dan memiliki manfaat untuk menjaga kenormalan fungsi tubuh. Namum sampai saat ini belum diketahui faktor apa yang memicu sel-sel tersebut rusak dan berubah menjadi sel kanker.

Walaupun penyebab kanker usus besar tidak diketahui, beberapa faktor berikut ini dapat meningkatkan resiko terkena penyakit kanker usus besar.

  • Melakukan diet ketat
  • Makanan tinggi lemak
  • Kekurangan serat
  • Mengkonsumsi minuman beralkohol
  • Merokok
  • Mengalami kelebihan berat badan (obesitas)
  • Kurang berolahraga
  • Menderita diabetes
  • Faktor Keturunan

Mencegah Kanker Usus Besar

Mencegah kanker usus besar lebih baik daripada harus mengobatinya. Beberapa tips berikut ini akan sangat membantu Anda untuk mencegah kanker usus besar :

  1. Sebaiknya Anda mengurangi mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung bahan pengawet, bahan kimia, dan pewarna makanan. Jika Anda gemar menyantap makanan yang bersantan kental dan banyak mengandung lemak juga harus dikurangi.
  2. Memperbanyak konsumsi sayur dan buah segar yang banyak mengandung serat alami, gizi yang seimbang, kalsium, asal folat, vitamin dan kaya anti oksidan yang dapat melindungi tubuh dan sistem pencernaan tetap sehat.
  3. Melakukan olahraga secara teratur, minimal 2-3 kali dalam seminggu.
  4. Hindari melakukan diet ketat yang justru dapat menurunkan daya tahan tubuh.
  5. Hindari merokok dan minuman beralkohol,