Olahraga Untuk Menurunkan Berat Badan

olahraga-untuk-menurunkan-berat-badan

Setiap orang pasti ingin memiliki tubuh langsing ideal guna menjaga penampilannya. Tidak sedikit orang yang melakukan segala macam pola diet untuk menurunkan berat badan. Dari berbagai pola diet, olahraga merupakan salah satu cara yang terbukti ampuh untuk menurunkan berat badan.

Olahraga dapat membakar kalori dan membangun perkembangan otot, yang keduanya sangat esensial dalam meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga upaya menurunkan berat badan jadi lebih efektif. Dari sekian banyak jenis olahraga, berikut ini akan diulas beberapa diantaranya yang terbukti efektif membantu menurunkan berat badan.

Jenis Olahraga Yang Cepat Menurunkan Berat Badan :

1. Aerobik

Aerobik pasti sudah tidak asing lagi bagi kita, olahraga ini umumnya dilakukan secara berkelompok. Jika Anda sering melakukan olahraga aerobik maka akan mempercepat proses diet hingga 70%. Cukup melakukan selama 45 menit setiap hari supaya lebih cepat membakar kalori.

2. Cardio

Cardio merupakan olahraga untuk menyehatkan jantung, dengan latihan cardio selama 30 menit setiap hari akan membantu jantung Anda berdetak lebih cepat. Selain itu cardio juga dapat membakar kalori dalam tubuh lebih cepat

3. Renang

Dengan melakukan renang secara rutin dapat membakar 400-700kalori per jam, selain itu renang juga baik untuk mengencangkan otot-otot tubuh. Berenang melibatkan semua jenis otot, dari otot perut, lengan, kaki, pinggang, dada, dan berbagai otot lainnya. Selain bermanfaat membakar kalori, renang juga biasa dilakukan seorang wanita sebagai cara mengencangkan kembali payudara yang kendur.

4. Bersepeda

Bersepeda merupakan olahraga yang tergolong simpel, namun bersepeda sangat efektif untuk membantu menurunkan berat badan Anda. Bersepeda mampu membakar antara 372 – 1.100 kalori per jam. Apabila tidak memungkinkan untuk Anda melakukan olahraga bersepeda di luar, Anda bisa memilih spinning atau olahraga bersepeda indoor di tempat fitnes.

5. Berlari

Olahraga yang satu ini sangat mudah untuk dilakukan dan dapat dilakukan dimana saja. Anda bisa melakukan olahraga ini di lapangan atau bisa juga berlari mengelilingi perumahan tempat Anda tinggal. Berlari bisa membakar hingga 600 kalori per jam, membantu dan menguatkan tulang, meningkatkan denyut jantung hingga ke level rata-rata guna mencegah resiko serangan jantung dan stroke.

6. Angkat Beban

Olahraga angkat beban adalah olahraga yang paling efektif untuk membantu menurunkan berat badan. Lakukan angkat beban secara rutin 2-3 kali seminggu, dengan variasi beban yang bertahap mulailah dengan mengangkat beban mulai yang ringan dan ditingkatkan bertahap. Latihan angkat beban juga efektif untuk membentuk otot-otot tubuh.

7. Yoga

Yoga merupakan olahraga yang banyak digemari oleh para wanita, latihan yoga secara teratur akan cepat membantu menurunkan berat badan. Selain itu yoga juga bermanfaat merilekskan tubuh dan mengembalikan tubuh ke bentuk semula. Latihan yoga dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja,bisa sendiri atau berkelompok.