Manfaat Detoksifikasi Untuk Tubuh

manfaat-detoksifikasi-untuk-tubuh

Pasti sudah tidak asing lagi dengan detoksifikasi, manfaat detoksifikasi untuk kesehatan tubuh memang banyak sekali. Perut yang buncit, sembelit atau konstipasi, kadar kolesterol tinggi adalah contoh-contoh dari permasalahan kesehatan yang bersumber dari sistem pencernaan. Pada saat usus besar penuh dengan racun dan sampah yang menumpuk, maka akan timbul berbagai masalah kesehatan seperti contoh diatas. Setelah anda melakukan proses detox tubuh akan kembali bugar, buang air besar menjadi lancar, dan kadar kolesterol kembali normal.

Pengertian Dari Detoksifikasi

Detoksifikasi atau biasa disebut detox adalah suatu proses pembersihan racun atau toxin dari dalam tubuh yang bertujuan untuk menyehatkan tubuh. Proses detoksifikasi dapat digolongkan menjadi dua yaitu detoksifikasi secara alami dan secara medis. Detox secara alami adalah proses alamiah tubuh kita untuk membuang toxin atau racun, dalam bentuk keringat, urine, tinja atau feses, dan lain-lain.

Pada saat dalam keadaan sehat dan normal tubuh akan mengeluarkan zat-zat sisa metabolisme yang tidak diperlukan tubuh, namun demikian tidak semua toxin dapat dikeluarkan secara tuntas karena kemampuan tubuh yang terbatas. Tubuh tidak akan mampu mengeluarkan toxin dalam jumlah yang berlebih, sehingga tubuh membutuhkan bantuan untuk mengoptimalkan proses detoksifikasi tersebut.

Detoksifikasi secara medis adalah proses detox yang dilakukan dengan menggunakan bantuan medis. Biasanya dilakukan pada orang yang mengalami kerusakan organ tubuh, jika tidak dibantu secara medis tubuh tidak akan mampu menyaring dan membuang toxin.

Kenapa Tubuh Perlu Di Detox ?

Pola makan kita yang kurang baik, atau banyak mengkonsumsi zat yang mengandung bahan kimia, serta kurangnya berolahraga akan membuat tubuh mengalami penurunan sistem kekebalan (sistem imun)

Apabila tubuh mengalami penurunan daya tahan otomatis akan mengurangi kemampuan tubuh dalam membuang zat-zat sampah yang tidak diperlukan oleh tubuh. Seperti zat pengawet makanan, pewarna makanan, penyedap makanan, bahan kimia peptisida, herbisida, pupuk kimia yang ada dalam produk pertanian. Bahan-bahan kimia yang terhirup dari udara, serta bahan kimia yang mencemari air minum yang semuanya mempunyai efek negativ untuk tubuh. Zat-zat tersebut merupakan toxin bagi tubuh dan dapat menjadi zat carsinogenik yang dapat merangsang pertumbuhan sel-sel kanker.

Manfaat Detoksifikasi Untuk Tubuh

Detox mempunyai manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh kita, diantaranya :

  • Membuang racun / toxin dari dalam tubuh
  • Melindungi tubuh dari serangan penyakit
  • Meningkatkan kesehatan
  • Membantu memperbaiki masalah pencernaan
  • Menurunkan berat badan
  • Menjaga kesehatan kulit
  • Memperlancar peredaran darah
  • Merangsang pertumbuhan jaringan sel baru
  • Membuat awet muda

 

Reaksi Tubuh Pada Saat Proses Detox

Pada saat anda melakukan proses detoksifikasi, beberapa reaksi berikut ini mungkin akan anda rasakan, namun setiap orang bisa jadi akan merasakan reaksi yang berbeda-beda pada tubuhnya. Hal ini dipengaruhi dari metabolisme setiap orang yang berbeda, banyaknya racun dalam tubuh, atau kepekaan tubuh pada perubahan.

Merasakan sakit kepala, hal ini sering muncul pada pecandu obat, kopi, atau rokok

Mual, perut terasa kembung, sembelit atau justru sering buang air besar (bukan diare)

Mengalami demam ringan, pilek, dan flu

Perubahan warna pada air seni, menandakan bahwa tubuh mulai mengeluarkan toxin