Makanan Yang Mengandung Kolesterol Tinggi

makanan-yang-mengandung-kolesterol-tinggi

Kolesterol dibutuhkan oleh tubuh namun dalam jumlah tertentu, apabila berlebihan akan menyebabkan berbagai macam penyakit. Sebelum membahas lebih jauh tentang kolesterol ada baiknya kita mengetahui apa itu kolesterol. Di dalam tubuh kita terdapat lemak yang terdiri dari kolesterol jahat yang biasa disebut LDL (low Density Lipoprotein) dimana lemak ini dapat menempel pada pembuluh darah. Sedangkan lemak baik atau biasa disebut dengan HDL (High Density Lipoprotein) merupakan lemak yang dapat melarutkan kandungan LDL di dalam tubuh. Kolesterol yang normal dalam tubuh adalah 160-200 mg, maka dari itu kandungan LDL harus dicegah agar tetap dalam keadaan normal.

Kolesterol jahat yang menumpuk pada pembuluh darah akan menyebabkan penyempitan pembuluh darah sehingga suplai aliran darah ke otak dan ke pembuluh jantung akan berkurang. Akhirnya akan mengakibatkan stroke apabila penumpukan terjadi pada pembuluh darah otak atau serangan jantung bila terjadi penyempitan pada pembuluh darah jantung.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang mengandung kolesterol tinggi, dan harus dihindari untuk menjaga kesehatan tubuh :

Kuning Telur

Kuning telur mempunyai kandungan kolesterol sangat tinggi, baik telur ayam, bebek, atau telur puyuh. Kandungan kolesterol pada kuning telur pada ukuran per 100 gram adalah 213 mg kolesterol. Jadi Anda perlu berhati-hati jika mengkonsumsi telur secara berlebih.

Jeroan

Jeroan terutama pada bagian hati adalah makanan yang juga memiliki kandungan kolesterol tinggi. Dalam jeroan hati memiliki kandungan kolesterol 564 kolesterol per 100 gramnya.

Makanan Cepat Saji

Fast Food atau makanan cepat saji seperti burger keju mengandung 175 mg kolesterol, dan jika dalam penyajiak ditambah kentang goreng, ayam goreng, ataupun donat dapat dipastikan kandungan kolesterolnya akan semakin tinggi. Kurangi mengkonsumsi makanan-makanan cepat saji untuk menjaga kolesterol Anda supaya tetap normal.

Seafood

Jenis makanan laut seperti udang, lobster, cumi, kerang, dan kepiting mengandung kadar kolesterol jahat yang cukup tinggi.

Itulah beberapa jenis makanan yang mengandung kolesterol tinggi, semoga dengan sedikit penjelasan yang kami sajikan dapat menambah wawasan Anda dalam menjaga kesehatan terutama kolesterol. Untuk menambah wawasan anda silahkan baca juga artikel kami yang berjudul Makanan Untuk Menurunkan Kolesterol