Makanan Untuk Menurunkan Kolesterol

Makanan-Penurun-Kolesterol

Saat ini banyak tersedia berbagai macam obat untuk menurunkan kadar kolesterol. Tetapi untuk memilih obat yang tepat tidak mudah, Anda dituntut lebih jeli dan dalam memilihnya. Sebaiknya Anda memilih obat penurun kolesterol yang berbahan herbal karena relatif lebih aman dan tanpa efek samping.

Kolesterol terbagi menjadi dua jenis, yaitu : kolesterol baik atau biasa disebut HDL (High Density Lipoprotein), dan kolesterol jahat atau biasa disebut LDL (Low Density Lipoprotein). Kolesterol baik dibutuhkan oleh tubuh untuk membangun dinding sel dan merupakan komponen penting untuk membuat asam empedu, hormon steroid, dan vitamin D. Namun jika kadar kolesterol jahat tinggi dapat meningkatkan resiko terserang penyakit jantung dan stroke.

Makanan Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol yang Tinggi

Apabila selama ini makanan yang Anda konsumsi justru membuat kadar kolesterol semakin tinggi, maka saatnya mengubah menu makanan yang Anda makan untuk menekan kandar kolesterol. Kelebihan kolesterol akan menyebabkan serangan jantung dan stroke karena akan menyebabkan peradangan dan pembekuan darah.

Berikut ini akan kita bahas lebih detil tentang makanan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol yang Anda alami. Mari kita uraikan satu per satu :

1. Beras Merah

Beras merah adalah salah satu sumber serat larut yang sangat baik untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Dalam beras merah terdapat minyak esensial yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi, selain itu juga dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) yang diperlukan tubuh

2. Kedelai

Kedelai adalah makanan yang sangat baik untuk menurunkan kolesterol jahat, kandungan isoflavin dalam kedelai berfungsi untuk menekan kolesterol jahat supaya tidak berkembang. Selain itu, minyak kedelai kaya akan minyak tak jenuh ganda, termasuk dua asam lemak esensial yang disebut asam linoleat dan asam linolenat. Keduanya akan mempengaruhi kontraksi otot polos dan tekanan darah.

Kedelai bisa Anda konsumsi dengan berbagai olahan, seperti tempe, tahu, susu kedelai, bubuk kedelai, dan olahan lainnya. Untuk olahan tahu dan tempe sebaiknya hindari untuk digoreng, karena kandungan minyaknya justru dapat meningkatkan kadar kolesterol.

3. Ikan

Ikan yang baik untuk menurunkan kolesterol adalah ikan salmon, ikan kembung, sarden, tuna, dan makarel. Kandungan omega 3 yang terdapat dalam ikan sangat baik untuk kesehatan jantung dan dapat menurunkan resiko pembekuan darah.

Untuk mengkonsumsi sebaiknya diolah dengan cara dipanggang atau di oven untuk mengurangi penggunaan minyak.

4. Buah-Buahan

Kandungan vitamin dan serat dalam buah-buahan dapat membantu Anda menurunkan kadar kolesterol. Buah-buahan yang baik untuk menurunkan kolesterol antara lain : Apel, Lemon, Tomat, Anggur, Mangga, Strawberry, Goji Berry, Alpukat, dan Delima.

Kandungan vitamin C dalam buah dapat mencegah kolesterol jahat teroksidasi yang menyebabkan penimbunan kolesterol dalam tubuh. Selain itu kandungan lemak tak jenuh yang terdapat dalam buah alpukat juga membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

Selain mengkonsumsi makanan-makanan penurun kolesterol diatas, sebaiknya diimbangi dengan olahraga secara teratur dan menghindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi. semua tips pola hidup sehat ini akan menjaga Anda dari serangan jantung dan berbagai penyakit berbahaya lainnya.