Kandungan dan Manfaat Pasak Bumi

khasiat-pasak-bumi

Pasak bumi adalah tanaman herbal yang sudah tidak asing lagi bagi kaum pria. Tanaman ini memang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan, terutama untuk meningkatkan gairah dan vitalitas pria.

Pasak bumi atau disebut juga dengan nama tongkat ali ini banyak tumbuh di pedalaman kalimantan dan banyak digunakan oleh masyarakat Dayak sebagai tanaman yang memiliki banyak khasiat. Pasak bumi mengandung ethanolic yang sangat bermanfaat untuk menambah jumlah hormon testoteron pada pria. Tanaman ini juga mengandung strchnin dan brusin yang berkhasiat untuk menambah vitalitas pria karena memiliki sifat afrodisiak.

Selain untuk menambah stamina pria, pasak bumi juga memiliki banyak khasiat. Akar pasak bumi mengandung senyawa erikuimanon yang dipercaya dapat mengobati penyakit malaria. Selain itu, kandungan kuasinoid juga sangat berperan dalam melumpuhkan bakteri plasmodium falcifarum yang menjadi penyebab penyakit malaria.

Dalam sebuah penelitian, pasak bumi juga memiliki khasiat sebagai anti kanker. Setidaknya ada 8 alkaloid yang ditemukan dalam akar pasak bumi yang berfungsi sebagai anti kanker payudara, anti leukimia dan juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh pada penderita HIV.

Didalam tanaman pasak bumi terkandung setidaknya empat senyawa yang berkhasiat bagi tubuh, diantaranya :

  1. Senyawa canthin yang berfungsi dalam menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.
  2. Senyawa turunan eurycomanone yang berfungsi untuk anti malaria.
  3. Senyawa etanol yang berperan sebagai afrodisiak.
  4. Senyawa quasinoid yang berfungsi sebagai anti meukimia dan prospektif untuk penderita HIV.

Hampir seluruh bagian dari tanaman pasak bumi mulai daru daun, batang, akar, dan buahnya bisa dimanfaatkan dan memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh. Diantaranya :

  • bagian daun yang bisa dimanfaatkan sebagai obat sakit perut
  • Bagian akar untuk mengobati demam, luka pada gusi, gangguan cacing dan tonikum pasca melahirkan.
  • Bagian kulit pada batang dapat dimanfaatkan untuk obat nyeri tulang.
  • Bagian bunga dan buah bisa digunakan untuk mengobati penyakit disentri.

Dengan banyaknya khasiat yang dimiliki tanaman pasak bumi ini maka Anda dapat menjadikan tanaman ini sebagai alternatif pengobatan atau keluhan kesehatan Anda, khususnya para pria yang ingin meningkatkan vitalitasnya.