Kandungan dan Manfaat Kedelai Untuk Kesehatan

manfaat-kacang-kedelai

Kedelai merupakan tanaman jenis polong-polongan yang menjadi salah satu makanan paling banyak dikonsumsi. Kacang kedelai menjadi sumber protein nabati utama dan minyak nabati dunia, dengan penghasil kedelai utama dunia adalah Amerika Serikat.

Lebih dari 3500 tahun lalu di Cina sudah membudidayakan tanaman kedelai dan menyebar ke negara-negara di Asia Tenggara. Seperti yang sudah kita ketahui penggunaan kedelai sebagai bahan baku pangan sangat luas, kedelai menjadi bahan baku tempe, tahu, kecap, susu kedelai, dan lain sebagainya.

Kedelai adalah sumber protein nabati yang baik untuk kesehatan. Kedelai juga merupakan jenis kacang-kacangan yang mudah dicerna oleh tubuh dan kandungan proteinnya sangat tinggi sehingga dapat digunakan sebagai pengganti protein hewani atau daging.

Kandungan Gizi Yang Terdapat Dalam Kedelai

Kedelai adalah tanaman yang banyak mengandung gizi dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan yang lengkap, seperti protein, serat, vitamin, lemak, dan lain-lain. Berikut kandungan gizi yang terdapat dalam 100 gram kedelai :

  • Energi : 381 kkal
  • Vitamin A : 110 internasional unit (IU)
  • Vitamin B1 : 0,52 mg
  • Vitamin C : 121,7 mg
  • Thiamine : 1,07 mg
  • Niacin : 2,3 mg
  • Protein : 40,4 gr
  • Lemak : 16,7 gr
  • Karbohidrat : 24,9 gr
  • Kalsium : 222 mg
  • Fosfor : 682 mg
  • Zat Besi : 10 mg

Manfaat Kedelai Untuk Kesehatan

Dengan kandungan gizi yang lengkap, menjadikan kacang kedelai makanan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat kedelai untuk kesehatan :

Menurunkan Kolesterol

Kandungan asam amino glisin dan argimin dalam kedelai dapat mengontrol kolestrol dalam darah. Kedua asam tersebut merupakan komponen yang dapat menyusun hormon insulin dan glukosa dalam tubuh.

Mencegah Diabetes

Kedelai mengandung selulosa yang dapat mencegah penyerapan gula secara berlebihan. Dengan mengurangi kadar gula akan mencegah penyakit diabetes. Oleh sebab itu kedelai sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Kandungan lemak jenuh dan lemak tak jenuh merupakan komponen yang mampu mengatur dan menyeimbangkan tekanan darah tinggi. selain itu kandungan vitamin E, B6, asam folat yang ada dalam kedelai dapat mencegah terjadinya penyakit jantung.

Mencegah kanker

Protein, selenium dan molibdenum yang terdapat dalam olahan susu kedelai bersifat menekan tumor ganas. Selain itu, isoflavon berfungsi sebagai antioksidan yang melawan sel-sel kanker. Sangat efektif terutama terhadap kanker lambung, kanker usus besar, dan kanker payudara.

Menjaga Berat Badan

Kandungan serat yang cukup tinggi pada kedelai sebagai alat untuk mengatur berat badan. Ini adalah indeks glisemik rendah (GI) makanan yang mengatur gula darah dan fluktuasi insulin. Sehingga membantu mengontrol rasa lapar, hal ini akan membantu dalam proses penurunan berat badan.

Bukan hanya itu yang didapatkan tubuh ketika mengkonsumsi kedelai. Kedelai yang tinggi serat, protein, karbohidrat, mineral, magnesium, vitamin, fosfor, dan lemak yang rendah, bermanfaat untuk melancarkan sistem metabolisme tubuh, melancarkan sistem pencernaan, serta dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu juga dapat mencegah stroke, rematik, asam urat, dan penyakit lambung.

Dengan begitu banyak kandungan dan manfaat dari kacang kedelai, masihkah anda ragu untuk mengkonsumsinya ? sebaiknya mulai sekarang anda sering mengkonsumsi olahan dari kedelai, misalnya susu kedelai sebagai pengganti susu sapi. Lebih kaya manfaat.