Kandungan dan Manfaat Buah Pepaya

manfaat-dan-kandungan-buah-pepaya

Buah pepaya atau Careca Papaya adalah buah yang dibudidayakan pertama kali di benua Amerika. Pada perkembangannya budidaya pepaya mulai meluas hingga ke beberapa benua dan negara-negara tropis, seperti India, Thailand, dan Indonesia. Buah pepaya yang sudah masak berwarna orange atau merah muda, namun ada juga yang berwarna kuning. Pepaya memiliki rasa yang manis dan banyak mengandung air.

Walaupun buah pepaya termasuk buah yang murah, jangan meremehkan khasiat dari ini. Buah pepaya memiliki berbagai manfaat, baik untuk kesehatan ataupun untuk kecantikan.

Kandungan Nutrisi Buah Pepaya

Buah pepaya kaya akan kandungan gizi dan berbagai asam amino, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Meski kaya akan nutrisi, pepaya memiliki kandungan kalori yang sangat rendah dan hampir tidak mengandung kolesterol. Berikut tabel kandungan nutrisi buah pepaya

Kandungan

Nilai Rata-Rata

Vitamin A

1,750 IU

Vitamin B

0,03 mg

Riboflavin

0,04 mg

Niacin

0,3 mg

Vitamin C

56 mg

Kalsium

20 mg

Kalori

39

Zat Besi

0,3 mg

Fosfor

16 mg

Kalium

470 mg

Lemak

0,1 gr

Karbohidrat

10 gr

Protein

0,6 gr

Berkat kandungan dan nutrisi yang terdapat didalamnya, buah pepaya menjadi yang banyak memiliki manfaat bagi tubuh.

Manfaat Buah Pepaya

Mencegah penyakit jantung dan stroke

Antioksidan yang tinggi pada buah pepaya dapat mencegah oksidasi kolesterol dan dapat membantu menurunkan resiko penyakit, seperti serangan jantung dan stroke.

Menjaga kesehatan ginjal

Selain buahnya, biji buah pepaya juga mengandung nutrisi yang penting untuk kesehatan. Biji buah pepaya mengandung flavonoid dan phenotic, yaitu zat aktif yang berperan penting untuk menjaga kesehatan ginjal.

Mengatasi gangguan pencernaan

Enzim papain yang terkandung dalam buah pepaya dapat membantu mengatasi masalah lambung dan gangguan pencernaan, seperti susah buang air besar, dan dapat mencegah wasir. Menurut penelitian, kandungan papain didalam buah pepaya juga dapat membunuh parasit yang menganggu aktivitas pencernaan didalam usus.

Mencegah penuaan dini

Pepaya mempunyai kandungan antioksidant yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang menyebabkan berbagai masalah kulit, seperti keriput, flek, kulit kering, dan lain-lain.

Menjaga kesehatan kulit

Vitamin A, C dan E dalam pepaya sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Selain untuk melembabkan, vitamin-vitamin tersebut juga dapat membantu mengembalikan kulit kusam manjadi lebih cerah dan segar.

Vitalitas pria

Kandungan enzim arginine dalam buah pepaya efektif untuk mendongkrak aliran darah ke penis. Arginine akan mendorong asam nitrat tubuh untuk merileksasikan otot-otot di sekitar pembuluh darah, sehingga penis mengembang dan aliran darah juga lebih lancar.

Meredakan peradangan

Kandungan papain dan chymopapain dapat meredakan peradangan dan mempercepat penyembuhan luka bakar. Manfaat inilah yang kemudian dapat dimanfaatkan untuk membantu menyembuhkan berbagai luka di kulit, psoriasis, dan penyakit kulit lainnya.