Kandungan dan Manfaat Buah Mangga

Kandungan Gizi Dan Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan

khasiat-mangga

Mangga adalah salah satu buah-buahan yang banyak digemari masyarakat di Indonesia. Rasa buahnya yang pada umumnya manis dengan tekstur daging buahnya yang lembut serta menyegarkan, menjadikan buah ini selalu dicari penggemarnya. Buah mangga memiliki banyak varietas, di Indonesia sendiri varietas yang diunggulkan adalah Mannga Atumanis, Golek, Manalagi, Gadung, dan lain-lain.

Buah mangga biasanya dikonsumsi dengan cara di juice, dibuat manisan, dibuat es buah atau dimakan langsung bila buah yang sudah masak. Namun untuk buah yang mentah atau setengah masak biasanya untuk manisan mangga, asinan, atau untuk bahan rujak buah.

Dibalik rasa buah mangga yang manis, ternyata juga memberikan manfaat dan khasiat yang cukup baik bagi kesehatan tubuh. Hal tersebut dikarenakan buah mangga mengandung gizi yang cukup baik untuk tubuh.

Kandungan Gizi Buah Mangga

Buah mangga mengandung banyak gizi seperti vitamin, mineral, protein, dan lainnya yang dapat membantu memelihara kesehatan tubuh kita. Berikut tabel kandungan nutrisi buah mangga per 100 gram dan nilai presentase prinsip gizi

Kandungan

Nilai Rata-Rata

Energi

70 Kcal (3,5%)

Karbohidrat

17 g (13%)

Protein

0,5 g (1%)

Total Lemak

0,27 g (1%)

Kolesterol

0 mg (0%)

Diet Serat

1,80 g (4,5%)

 

 

Vitamin

 

Folat

14 mg (3,5%)

Niacin

0,584 mg (3,5%)

Asam Pantotenat

0,160 mg (1%)

Pyridoxine (Vit B-6)

0,134 mg (10%)

Riboflavin

0,057 mg (4%)

Thiamin

0,058 mg (5%)

Vitamin C

27,7 mg (46%)

Vitamin A

765 IU (25,5%)

Vitamin E

1,12 mg (7,5%)

Vitamin K

4,2 mg (3,5%)

 

 

Elektrolit

 

Sodium

2 mg (0%)

Kalium

156 mg (3%)

 

 

Mineral

 

Kalsium

10 mg (1%)

Tembaga

0,110 mg (12%)

Besi

0,13 mg (1,5%)

Magnesium

9 mg (2%)

Mangan

0,027 mg (1%)

Seng

0,04 mg (0%)

Manfaat Buah Mangga

Menurunkan Kolesterol

Buah mangga kaya dengan kandungan prebiotik serat makanan. Tingkat tinggi serat, pectin dan vitamin C sangat baik untuk membantu menurunkan kadar kolesterol, khususnya Low-Density Liprotein (Kolesterol Jahat)

Anti Kanker

Senyawa antioksidan yang terkandung dalam buah mangga sangat bermanfaat untuk melindungi dari kanker usus besar, kanker payudara, leukimia dan kanker prostat.

Menjaga Kesehatan Mata

Buah mangga merupakan sumber vitamin A dan flavonoid seperti beta karpten, alfa-karoten, dan beta-cryptoxanthin. Vitamin A dapat membantu manjaga penglihatan mata dan mencegah kebutaan malam, serta mata kering. Vitamin A juga dibutuhkan untuk menjaga selaput lendir dan kesehatan kulit.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Enzim yang terkandung dalam buah mangga dapat berfungsi sebagai penghancur protein. Kandungan serat dalam buah mangga juga sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan.

Indeks Glikemik rendah

Nilai Indeks Glikemik buah mangga adalah 51, yang masuk dalam kategori rendah. Jadi buah ini tidak memiliki efek yang begitu signifikan dalam meningkatkan kadar gula dalam darah, sehingga aman dikonsumsi untuk penderita diabetes.