Kandungan dan Manfaat Buah Alpukat

kandungan-manfaat-alpukat

Buah alpukat adalah buah yang berasal dari daerah Amerika Tengah. Bentuk buahnya lonjong berwarna hijau tua dan ada yang berwarna ungu kecoklatan. Tekstur buah alpukat sangat lembut, memiliki dua warna yaitu warna hijau terdapat pada daging buah yang menempel dikulit dan berwarna kuning yang terdapat pada daging buah bagian dalam (menempel di bijinya).

Selain rasa buahnya yang enak, alpukat juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Makan buah alpukat dapat membantu kita merasa kenyang lebih lama, sehingga buah ini sangat cocok untuk membantu menurunkan berat badan.

Kandungan yang Terdapat Pada Buah Alpukat

Buah alpukat memiliki zat antioksidan yang sangat tinggi, sehingga dapat memberikan manfaat penting bagi kesehatan. Selain itu, alpukat juga mengandung serat, protein, vitamin A, B, C, E, K, zat besi, tembaga, fosfor, magnesium, dan potasium. Selain itu buah ini juga mengandung kandungan lemak tak jenuh yang baik dikonsumsi oleh penderita kolesterol.

Manfaat Mengkonsumsi Buah Alpukat

Dengan kandungan gizi yang komplit, buah alpukat akan memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini manfaat dari buah alpukat untuk kesehatan :

1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Dalam buah alpukat terkandung lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk tubuh, karena lemak jenis ini dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Selain itu alpukat juga mengandung zat betasitosterol yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan vitamin B6 dan asam folat dalam buah alpukat dapat membantu mengatur kadar homocystein. Alpukan juga mengandung vitamin E, glutathione, dan lemak tak jenuh yang dapat membantu dalam menjaga kesehatan jantung.

3. Membantu Mengongontrol Tekanan Darah

Alpukat mengandung potassium yang dapat membantu dalam mengontrol tekanan darah dan mencegah penyumbatan peredaran darah. Dengan tekanan darah yang stabik, tubuh akan terhindar dari penyakit tekanan darah tinggi yang menjadi penyebab utama penyakit stroke. Bukan hanya buahnya saja, daun alpukat yang masih muda juga bisa digunakan sebagai obat penurun tekanan darah tinggi

4. Mengontrol Kadar Gula Darah

Untuk penderita diabetes, sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah alpukat. Lemak tak jenuh tunggal yang terkandung dalam buah ini dapat membalikkan resistensi insulin yang akan membantu mengatur kadar gula darah. Serat larut didalam alpukat juga dapat menjaga kadar gula tetap stabil.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Alpukat juga banyak mengandung vitamin A, yang berfungsi untuk melindungi mata dari radikal bebas penyebab penyakit mata. Mata minus, plus, Katarak dan macula dapat dihindari apabila kebutuhan vitamin A tubuh tercukupi.

Selain beberapa manfaat diatas, alpukat juga masih mempunyai banyak manfaat untuk tubuh. Antara lain, Buah alpukat dapat digunakan sebagai bahan baku kosmetik, minyak alpukat dipercaya dapat membantu memelihara kulit agar lebih cerah dan bersinar. Membantu menambah berat badan, meningkatkan penyerapan nutrisi dalam tubuh, dan masih banyak lagi manfaat yang bisa kita dapat dari buah alpukat.

Demikian artikel tentang kandungan dan manfaat buah alpukat yang bisa kami sampaikan untuk anda. Semoga bisa bermanfaat.