Jenis-Jenis Penyakit Kista

Kista adalah suatu jenis tumor jinak seperti kantung yang bisa ditemukan di manapun di tubuh. Kista biasanya mengandung zat gas, cair, atau setengah padat dan memiliki dinding luar seperti sebuah kapsul. Kista mungkin kecil dan hanya terlihat di bawah mikroskop tetapi dapat juga berukuran sangat besar sehingga mendesak struktur tubuh normal.

Kista terdapat pada berbagai jaringan dan organ dan sering diberi nama sesuai lokasinya, misalnya kista kandung kemih, kista payudara, kista hati, kista ginjal, kista pankreas, kista vagina, kista kulit, kista tiroid. Kista ovarium adalah kista yang berkembang pada ovarium wanita. Kebanyakan kista ovarium tidak berbahaya, tetapi beberapa dapat menyebabkan masalah kesehatan dan dapat menghalangi ovulasi sehingga menyulitkan upaya kehamilan.

Dalam artikel kali ini cahayaherbalindo.com akan berbagi kepada Anda beberapa jenis kista yang perlu diketahui.

Jenis-Jenis Kista dan Penyebabnya

Kista terbagi menjadi dua yaitu non-neoplastik dan neoplastik. Kista non-neoplastik adalah jenis kista yang bersifat jinak dan biasanya akan mengecil secara sendirinya. Sedangkan kista neoplastik dalah adalah jenis kista ganas yang biasanya menggunakan cara operasi untuk menyembuhkannya, namun tergantung ukurannya. Berikut ini beberapa jenis kista yang harus diketahui :

1. Kista Folikel

Kista ini terjadi akibat gangguan pada folikel sel telur sehingga menyebabkan pembengkakan panuh cairan yang berkembang menjadi kista. Namun umumnya kista jenis ini akan menghilang secara sendirinya dalam beberapa minggu.

2. Kista Dermoid

Penyebab kista dermoid adalah sel yang belum berkembang menjadi sel telur. Jenis kista ini tidak ganas, namun ukurannya bisa membesar sampai 15 cm. Selain cairan, kandungan yang ada didalam kista dermoid adalah bagian tubuh yang tidak normal seperti tulang, kulit, darah, gigi, dan rambut.

3. Kista Denoma

Kista denoma terjadi dan dipengaruhi oleh sel-sel jaringan dari luar ovarium. Kista jenis ini sering terjadi pada wanita usia lanjut. Ada dua jenis kista denoma, kista denoma serosa yang ukurannya cenderung kecil dan kista denoma musinous yang bisa tumbuh besar dan semakin besar sampai 35 cm.

4. Kista Korpus Luteum

Pada kista jenis ini terjadi pada korpusluteum ovarium yang terjadi karena adanya penyumbatan pada lubang pelepasan sel telur, sehingga menyebabkan penumpukan cairan korpus luteum dan berkembang menjadi kista.

5. Kista Endometrioma

Kista emdometrioma ini dapat mengganggu keseburan wanita, dan biasanya menyerang wanita usia produktif. Kista yang sering disebut kista coklat ini penyebabnya adalah pengaruh endometrial atau lapisan luar rahim yang menempel pada ovarium. Kista endometrioma dapat menyebabkan rasa nyeri yang luar biasa ketika menstruasi.

6. Kista Policistic Ovarian Desease

Kista jenis ini terjadi disekeliling ovarium, bisa terjadi pada wanita dengan gangguan hormon esterogen atau pada wanita normal. Ukuran kista jenis ini kecil namun jumlahnya banyak, sehingga lapisan ovarium menjadi tebal.

Kista policistic ovarian desease ini juga bisa menyebabkan masalah kesuburan karena akan menghambat proses ovulasi akibat dinding ovarium diselubungi kista.

7. Kista Hemorrhagic

Kista hemorrhagic terjadi akibat adanya pendarahan pada kista fungsional. Kista jenis ini akan menyebabkan rasa sakit pada bagian perut, namun kram yang terjadi biasanya hanya terjadi di salah satu bagian saja, perut bagian kiri saja atau bagian kanan saja.

8. Syndrom Pilikistik Ovarium

Policistic Cyst Ovarium Syndrome adalah kista yang tumbuh di dalam ovarium dengan jumlah banyak. Penyebab kista ini adalah karena gangguan hormon dan ovarium memproduksi hormon esterogen secara berlebihan.

Kista jenis ini berbahaya dan umumnya diderita wanita usia produktif, kista ini bisa beresiko terjadi pendarahan, berefek pada kehamilan bahkan dapat menyebabkan keguguran.