Definisi Penyakit Diabetes

Diabètes

Mengenali definisi penyakit diabetes sedini mungkin menjadi langkah awal yang baik. Anda dapat mengetahui penyebab diabetes, gejala diabetes, dan cara mengontrol supaya kadar gula dalam darah tetap normal. Sebenarnya apa penyakit diabetes itu? Mari kita pelajari bersama.

Diabetes atau sering disebut kencing manis adalah suatu penyakit kronis yang mempunyai tanda awal berupa meningkatnya kadar gula dalam darah. Diabetes diakibatkan oleh ketidakmampuan pankreas untuk memproduksi hormon insulin dalam jumlah yang cukup. Atau yang kedua disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh dalam menggunakan insulin yang dihasilkan pankreas secara efektif, atau bisa juga gabungan antara kedua nya.

Insulin merupakan zat yang dihasilkan oleh pankreas untuk mengolah glukosa (zat gula darah) menjadi energi. Apabila jumlah insulin dalam tubuh tidak cukup, atau sel-sel tubuh tidak memberikan respon terhadap insulin maka insulin yang dihasilkan tidak digunakan secara optimal. Maka akan terjadi penumpukan gula dalam darah.

Dari faktor dan penyebab terjadinya kenaikan kadar gula dalam darah tersebut, penyakit diabetes dibagi menjadi tiga tipe, yaitu :

Diabetes tipe 1, yaitu diabetes yang disebabkan oleh kurangnya produksi hormon insulin yang dihasilkan oleh organ pankreas.

Diabetes tipe 2, yaitu diabetes yang disebabkan oleh kurangnya respon tubuh terhadap insulin sehingga pemanfaatan hormon tersebut tidak efektif.

Diabetes gestasional, yaitu diabetes yang disebabkan oleh tubuh tidak bisa merespon hormon insulin karena adanya hormon penghambat respon yang dihasilkan oleh plasenta selama proses kehamilan.

 

Gejala Penyakit Diabetes

Gejala Tahap Awal

Gejala awal yang timbul sering disalah artikan sebagai sakit ringan, selain itu gejala yang timbul terkadang baru muncul setelah penyakit berjalan cukup lama. Berikut ini beberapa gejala awal penyakit diabetes :

1. Sering Buang Air Kecil

Hal ini terjadi karena ginjal ingin membuang kelebihan gula yang terdapat dalam sirkulasi darah.

2. Sering Haus

Terjadi karena banyaknya cairan yang dikeluarkan, sehingga menjadi gampang haus.

3. Menurunnya Berat Badan

Pada penderita diabetes tubuh tidak bisa lagi memproses gula menjadi energi dan mulai mengambil cadangan lemak untuk menghasilkan energi.

4. Mudah Lelah

Karena tubuh tidak mampu memproses glukosa atau gula menjadi energi, maka tubuh akan menjadi gampang lelah dalam melakukan aktivitas.

 

Gejala Tahap Lanjut

1. Berat Badan Menurun Secara Drastis

Karena pankreas mulai rusak sehingga tidak dapan menghasilkan insulin untuk merubah gula menjadi energi, maka terjadilah resistensi insulin. Tubuh kemudian mencari sumber energi lain dengan membakar lemak dalam tubuh, apabila cadangan lemak sudah habis maka sasaran selanjutnya adalah otot. Hal tersebut yang mengakibatkan berat badan terus menyusut.

2. Luka Sulit Sembuh

Pada penderita diabetes darah akan mengental, sebuah luka supaya cepat sembuh membutuhkan pengaliran dari faktor pembekuan darah (trombosit, fibrinogen) dengan cepat juga, namun pada penderita diabetes aliran darah terhambat akibat mengental faktor pembekuan darah menjadi sulit untuk menutupi luka. Inilah yang mengakibatkan luka pada penderita diabetes susah sembuh.

Itulah beberapa informasi mengenai diabetes yang sudah kami jelaskan, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan mengetai penyakit diabetes. Jaga kesehatan Anda sejak saat ini karena penyakit diabetes dapat menyerang siapapun baikyang masih anak-anak maupun yang sudah tua.

Baca juga : Cara Menormalkan Kadar Gula Darah