Cara Meningkatkan Kualitas Sperma

meningkatkan-kualitas-sperma

Kesuburan seorang pria akan menentukan peluang untuk memiliki keturunan. Kesuburan ini ditentukan oleh beberapa faktor penting, salah satunya adalah kualitas sperma. Supaya bisa membuahi sel telur seorang pria harus mempunyai jumlah dan kualitas sperma yang normal.

Sperma dapat dikatakan normal apabila jumlahnya diatas 20 juta per 1 ml, warna kelabu pucat, aroma khas, ketika baru keluar akan tampak gumpalan dan dalam beberapa menit akan mencair. Tetapi untuk mengetahui kualitasnya baik atau tidaknya harus dilakukan pemeriksaan menggunakan mikroskop, dari hasil itulah bisa disimpulkan apakah sperma tersebut normal atau tidak.

Cara Meningkatkan Kualitas Sperma Pria Secara Alami

Untuk memperbaiki kualitas sperma yang tidak normal anda bisa memilih beberapa metode, diantaranya minum obat resep dokter, atau menjalani teraphi khusus yang disarankan dokter. Tetapi anda juga bisa mencoba tips untuk meningkatkan kualitas sperma secara alami, hal ini akan membantu anda dalam memperbaiki kesuburan.

Hindari Stres

Stres dapat mengurangi jumlah sperma pria, sebaiknya hindari stres dengan cara relaksasi atau pergi rekreasi bersama keluarga. Usahakan gairah memuncak saat melakukan hubungan intim, hal ini disebabkan karena pria yang sangat terangsang akan memancarkan semen lebih banyak dan akan menghasilkan sperma lebih kuat. Lakukan foreplay atau pemanasan saat hendak melakukan hubungan intim sekurangnya 20 menit.

Menambah Asupan Vitamin C

Vitamin C dapat meningkatkan kesuburan pria, vitamin c merupakan antioksidan yang dapat menstabilkan membran-membran sel dan dapat bermanfaat bagi sperma. Kekurangan vitamin C akan menyebabkan sperma jadi menggumpal dan mengurangi kesuburan.

Menurunkan Berat Badan

Jika anda memiliki berat badan yang berlebih maka disarankan untuk menurunkan berat badan. Apabila anda memiliki berat badan yang berlebih jaringan lemak dapat membungkus testis, hal ini akan menyebabkan temperatur meningkat dan membunuh sperma yang ada didalamnya.

Berhenti Merokok

Merokok dapat berkaitan dengan lambat dan rendahnya hitungan sperma, selain itu sebuah penelitian menemukan keguguran meningkat 64% apabila kedua pasangan tersebut merokok atau hanya pria saja yang merokok.

Mengkonsumsi Makanan Yang Sehat

Kualitas sperma pria sangat dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi. Ada beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan kualitas sperma, diantaranya adalah sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, telur, dan seafood.

Mendapatkan gizi yang cukup juga akan mempengaruhi kualitas sperma yang diproduksi. Jadi jika anda masuk dalam kategori dengan kualitas sperma yang kurang baik konsumsilah makanan-makanan sehat, hindari rokok dan minuman beralkohol.

Demikian beberapa tips dan cara meningkatkan kualitas sperma yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat