Cara Mencegah Keputihan

cara-mencegah-keputihan

Cara mencegah keputihan pada wanita – Keputihan merupakan gangguan kesehatan organ intim wanita yang sangat mengganggu. Selain dapat menimbulkan rasa tidak nyaman, keputihan dapat terjadi karena beberapa hal, baik karena gangguan luar atau gangguan hormonal. Dari beberapa faktor yang paling sering menjadi penyebab keputihan diantaranya adalah stres, rangsangan seksual, pengaruh siklus haid dan kehamilan. Berikut ini adalah beberapa cara mencegah keputihan yang bisa Anda coba :

Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan organ intim harus Anda lakukan. Bersihkan organ kewanitaan Anda menggunakan air bersih setiap kali mandi atau buang air. Untuk menjaga supaya tidak lembab segera keringkan menggunakan handuk bersih yang kering atau tisu. Sebaiknya hindari penggunaan air di toilet umum yang kurang bersih.

Cara membersihkan organ intim wanita juga tidak kalah pentingnya. Setelah Anda buang air usahakan membersihkan dari arah depan ke belakang, hal ini untuk menghindari perpindahan bakteri atau kuman dari anus ke organ intim.

Memilih Pembersih Organ Kewanitaan Yang Tepat

Sebenarnya Anda tidak memerlukan pembersih organ kewanitaan yang berupa sabun, apalagi yang mengandung parfum. Menggunakan air bersih sudah cukup untuk membersihkan daerah intim Anda. Namun jika Anda ingin menggunakan pembersih kewanitaan, gunakan pembersih khusus organ intim wanita dengan bahan alami. Sabun biasa justru bisa membunuh bakteri baik dan sabun yang mengandung parfum bisa menyebabkan iritasi.

Menggunakan Celana Dalam Yang Nyaman

Pastikan celana dalam yang Anda pakai nyaman, tidak terlalu ketat ataupun terlalu longgar. Pilih celana dalam yang berbahan katun sehingga dapat menyerap keringat dengan baik, berpori-pori sehingga daerah intim tudak lembab.

Pastikan celana dalam Anda cuci dengan detergen yang lembut dan bersih hingga bilasan terakhir. Sisa sabun yang menempel dapat menjadikan iritasipada daerah intim Anda. Penggunaan pemutih atau pelicin pakaian juga tidak diperlukan jika mencuci celana dalam.

Sering Mengganti Pembalut

Pada saat menstruasi gantilah pembalut sesering mungkin, jangan menunggu sampai terasa penuh. Mengganti pembalut maksimal 3 jam sekali, bahkan disaat cairan menstruasi Anda tidak banyak.

Hindari Stres

Stres merupakan salah satu penyebab keputihan. Karena itu jaga pikiran Anda supaya tetap tenang. Jika sudah merasa jenuh segera istrirahat sejenak atau kalau perlu Anda bisa pergi berlibur untuk menurunkan kadar stres.

Mengkonsumsi Makanan Yang Sehat

Cara untuk menjaga kesehatan organ intim adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat. Buah-buahan segar dan sayuran yang mengandung banyak vitamin dan antioksidan akan memberikan perlindungan dari dalam.

Demikian artikel mengenai cara mencegah keputihan yang sangat mudah untuk diterapkan. Mungkin diantara Anda ada yang tidak berpikir sejauh ini, ternyata hal-hal simpel diatas dapat mencegah terjadinya keputihan. Semoga artikel yang kami sajikan bermanfaat untuk Anda, jangan lupa share artikel ini supaya banyak wanita yang terhindar dari keputihan.

Baca juga artikel tentang Cara Mengatasi Keputihan Pada Wanita