Home » Pencernaan » Bahaya Sembelit, Dan Cara Mengatasi Sembelit

Bahaya Sembelit, Dan Cara Mengatasi Sembelit

Sembelit atau konstipasi adalah kelainan pada sistem pencernaan, keadaan dimana seseorang mengalami pengerasan tinja atau feses yang berlebihan sehingga sulit buang air besar (BAB). Sembelit menyebabkan penderitanya mengalami kesakitan yang hebat.

Walaupun sembelit bukan gangguan yang serius dan bukan suatu penyakit, namun jika keadaan ini dibiarkan terus menerus akan menjadi gangguan kesehatan yang sangat serius. Beberapa penyakit yang dapat ditimbulkan antara lain : kanker usus, gangguan fungsi hormonal, hingga penyakit jantung, gagal ginjal dan berbagai penyakit kronis lainnya.

racun-usus-fiforlif

Selain itu kotoran sisa makanan yang dikonsumsi setiap hari akan mengendap didalam usus. Kotoran yang lama mengendap dan lama tidak dikeluarkan akan menjadi toxin atau racun bagi tubuh dan lama kelamaan kotoran tersebut akan mengerak dan menempel dinding usus besar. Simak video sampah dan toxin yang menumpuk di usus kita berikut ini

Penyebab Sembelit

Sembelit adalah keluhan pada sistem pencernaan yang paling sering ditemui di masyarakat, bahkan diperkirakan 80% manusia pernah mengalami sembelit ini. Penyebab umum terjadinya sembelit antara lain :

  • Dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh.
  • Depresi akibat aktivitas terlalu padat.
  • Usus kurang elastis, yang biasanya terjadi pada wanita dalam masa kehamilan atau menstruasi.
  • Gaya hidup dan pola makan yang kurang teratur
  • Kekurangan asupan makanan yang berserat
  • Sering menahan rangsangan untuk buang air besar dalam jangka waktu yang lama (sering menahan mulas).

Tanda-Tanda dan Gejala Sembelit

Tanda dan gejala mungkin bisa berbeda pada setiap orang, namun yang paling umum ditemukan pada penderita sembelit adalah sebagai berikut :

  • Perut akan terasa penuh, begah, dan bahkan terasa kaku karena kotoran terlalu lama menumpuk di usus.
  • Feses menjadi keras, panas dan jumlahnya sedikit dibanding biasanya, bahkan berbentuk bulat-bulat kecil apabila sudah parah.
  • Pada saat buang air besar (BAB) penderita sembelit akan kesulitan mengeluarkan tinja, bahkan harus mengejan supaya tinja bisa keluar.
  • Bagian anus akan terasa penuh dan disertai rasa sakit karena bergesekan dengan tinja yang panas dan keras.
  • Frekuensi buang angin meningkat, namun terkadang penderita akan kesulitan atau tidak buang angin sama sekali.
  • Menurunnya frekuensi buang air besar

Cara Mengatasi Sembelit atau Susah Buang Air Besar

Setelah mengetahui penyebab terjadinya sembelit cara mengatasinya akan lebih mudah, mulai merubah gaya hidup hingga mengkonsumsi suplemen.

Perubahan Gaya Hidup

Selain dapat mengatasi sembelit, merubah gaya hidup menjadi lebih sehat ini juga akan mencegah sembelit datang kembali. Berikut ini beberapa hal yang dapat Anda lakukan :

1. Minum cukup air putih.

Dengan minum air yang cukup akan membantu pencernaan lebih baik, selain itu air juga dapat membantu proses detoxsifikasi atau pengeluaran racun yang ada di dalam tubuh melalui keringat. kebutuhan minum air putih yang benar adalah berat badan dibagi 0,03.

2. Meningkatkan Asupan Serat

Serat adalah bagian dari makanan nabati yang tidak dapat dipecah tubuh. Ketika Anda makan makanan tinggi serat, kelebihan serat tersebut membantu menjaga tinja lunak dan mempercepat pencernaan.

3. Olahraga Yang Cukup

Aktifitas olahraga akan meningkatkan kekuatan otot usus serta pergerakannya. Hal ini sangat berperan melancarkan sistem pencernaan dan membentu melancarkan buang air besar.

4. Hindari Menahan Buang Air Besar

Ketika Anda merasa mulas atau ingin buang air besar sebaiknya segera ke toilet, jangan menahan mulas terlalu lama, hal ini akan membuat kotoran/feses tertahan di usus dan akan membuat semakin padat dan susah dikeluarkan.

Mengkonsumsi Suplemen

Selain dengan cara merubah gaya hidup, mengatasi sembelit juga bisa dengan cara mengkonsumsi suplemen. Namun perlu diperhatikan dalam memilih suplemen yang aman. Untuk suplemen mengatasi sembelit atau susah buang air besar kami merekomendasikan produk Fiforlif. Kenapa harus Fiforlif ?

Fiforlif merupakan minuman super fiber juga bernutrisi super, tidak hanya memenuhi kebutuhan serat saja tapi kebutuhan vitamin, mineral dan nutrisi lengkap yang dibutuhkan tubuh juga terpenuhi. Kandungan yang terdapat dalam fiforlif adalah : Goji Berry, Psyllium Husk, Soluber, Probiotic, Fruktosa (gula buah), Bit Merah, Vitamin Premix (A,B1,B2,Niasin,Asam pantothenic,B6,B12,C,D3,E), Mineral & Enzim (Amylase, Protease, Lipase, Cellulose, Lactase, Pectinase phosphate, ribonuclease), Ekstrak Campuran Buah & Sayuran (Jeruk Pontianak, Apel, Pisang, Mangga, Stroberi, Tomat, Pepaya, Brokoli, Wortel, Bayam, Kubis, Lemon).

Sangat lengkap bukan ?. bayangkan jika Anda harus mengkonsumsi semuanya setiap hari, pasti sangat repot. Kini dengan kemasan sachet yang praktis kebutuhan serat dan nutrisi tubuh Anda akan terpenuhi.

Info lengkap produk fiforlif silahkan klik : Produk Fiforlif Super Fiber